Kamus TKJ HURUF "A" Part 2



Lanjutan dari postingan yang kemarin tentang Kamus TKJ HURUF "A" .Sekarang saya akan memposting tentang Kamus TKJ HURUF "A" Part 2 kaya apa aja ada part-part segala . ya apa boleh buat karena banyak sekali kata jadi saya harus membaginya menjadi beberapa part . Baiklah daripada menunggu saya lama langsung aja Kamus TKJ HURUF "A" Part 2 :

"A" part 2


AI (Artificial Intelligence)

Ilmu yang mengembangkan komputer supaya dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia.

ALGOL (Algortihmic Oriented Language)

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam langkah-langkah yang terbatas. Umumnya untuk membuat program-program science.

Aliasing

Suatu efek (Aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.

Aligment

Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.

Align

Dari kata alignment, yaitu perintah dalam program pengolah kata untuk meratakan sebuah naskah, apakah rata kiri, kanan, atau tengah.

Allocate

Instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit lainnya di bawah kontrol program komputer.

Alpha Numeric

Campuran antara karakter dan angka termasuk huruf (A-Z;a-z), tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.

Alias

Nama kedua sebuah file, umumnya nama kedua lebih pendek dan mudah untuk diingat daripada nama pertama.

ALOHA

Teknik pengawasan akses tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman data akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapat tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.

Alt Key

Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.

ALU (Arithmetic and Logical Unit)

Bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.

AM (Amplitudo Modulation)

Jenis modulasi yang menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital.
AMD760

Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon. Chipset ini terdiri dari dua chip yaitu 

AMD761

Sistem bus controller atau yang dikenal sebagai Northbridge dan AMD 766 peripheral bus controller atau Southbridge. Chipset AMD760 memberikan standar baru pada teknologi memori yang lebih bertenaga yaitu memori DDR PC1600 dan DDR PC 2100 yang memungkinkan performa tinggi pada aplikasi multitasking dan multimedia intensif. Chipset AMD760 mendukung sampai FSB26 MHz dan memori DDR 266MHz dan juga AGP 4x.

AMD760MP

Chipset buatan AMD untuk digunakan bersama prosesor Athlon MP. Terdiri dari dua chip yaitu chip AMD762 sistem bus controller (Northbridge) dan AMD766 peripheral bus controller (Southbridge). Chipset AMD760MP menggunakan teknologi memori DDR dan memungkinkan performa maksimal pada teknologi prosesor x86 pada aplikasi multitasking dan multimedia. Chipset AMD760MP ini mampu mendukung dua prosesor Athlon MP, FSB 266 MHz, memori DDR PC2100, dan AGP 4x serta mendukung PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

AMI BIOS

Sebuah PC BIOS produksi American Megatrends, Inc. AMI BIOS telah banyak digunakan pada PC desktop.

Amorphous

Sifat tidak dapat memantulkan cahaya. Contohnya, sebuah rewritable optical disk yang dikatakan memiliki spot amorphous state berarti sinar laser tidak dapat dipantulkan melalui lensa itu.

Analog

Bentuk dari komunikasi elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang kontinu, seperti televisi dan radio.

Analog Sinyal

Gelombang elektromagnetik yang sinambung, memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media dan jangkauannya jauh lebih besar daripada sinyal digital.

Analog Computer

Jenis komputer yang mengolah data yang besaran-besarannya dinyatakan dengan variabel fisik dari sinyal analog.
Anchor
Area berupa node-node di antara konten yang merupakan source atau tujuan dari sebuah link. Dengan meng-klik mouse pada anchor area, maka pada window akan terbuka link atau source yang dituju. Jadi anchor area ini merupakan semacam highlight. Anchor area ini juga dikenal sebagai span, region, button, atau extent.
Berguna agar text dan graphic dapat di-link pada suatu tempat dalam satu dokumen yang sama. Link ini membutuhkan 2 bagian yaitu : Anchor, yang bertujuan untuk menandai suatu text/grafik. Link, bertujuan untuk mengantar ke tempat yang telah di tandai tadi.

AND

Salah satu operator logika dari Aljabar Boolean untuk membandingkan apakah dua variable akan menghasilkan nilai benar (1) atau salah (0) dengan aturan sebagai berikut :
0 AND 0 = 0
0 AND 1 = 0
1 AND 0 = 0
1 AND 1 = 1

AND Gate

Sirkuit elektronik yang mengerjakan pengolahan data dengan menggunakan operasi AND.

Anonymous FTP

Fasilitas pentransferan file antar situs Internet yang memungkinkan pemakai Internet mengakses file data atau dokumen dari mana saja dalam Internet tanpa harus memasukkan userID dan password.

ANSI (American National Standards Institute)

Lembaga yang menentukan patokan untuk pemrosesan data, memberikan aturan baku dalam menggunakan kode dan bahasa dari suatu bahasa pemrograman.

Answer Back

Kemampuan komputer atau terminal yang dipanggil untuk memberikan identitasnya kepada komputer atau terminal yang memanggilnya.

Anti Aliasing

Suatu teknik yang digunakan untuk menghilangkan efek jaggies pada gambar yang dihasilkan. Dengan menggunakan anti aliasing ini gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih mulus, terutama pada garis-garis yang tidak horizontal ataupun vertikal (diagonal).

Anti Virus

Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

Amplitudo

Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.

Aperture grill

Terdiri dari banyak kawat vertikal. Pada monitor pixel pada layar fosfor diatur dalam bentuk garis vertikal. Ketika pistol eletron melakukan scan pada satu baris, kawat ini mengisolasi pixel yang difokuskan oleh setiap cahaya. Teknik aperture grill mempunyai dua kelebihan bila dibandingkan


Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua .... !

Artikel Terkait:

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Article :

Post a Comment

Jika ada yang mempunyai saran, kritik, maupun pertanyaan, jangan segan-segan untuk mengunkapkannya, ungkapkan saja dikotak komentar !
terimakasih :)

 
TEKOMUTER (Teknologi Ilmu Komputer) © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score