Kamus TKJ HURUF "A"

Kamus TKJ TEKOMUTER



Project Baru dari tekomuter kali ini adalah memberikan sebuah kamus tentang TKJ yang akan dimulai dari huruf A - Z .Namun karena terlalu banyaknya kata maka saya membaginya dalam beberapa postingan secara berkala.Jadi tunggu postingan selanjutnya dan Berikut ini adalah Kamus TKJ HURUF "A" 

A

Abend (Abnormal end)

Penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal diakibatkan oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.


ABI (Application Binary Interface)

Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.

AbiWord

Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

Abort

Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa dan mengembalikan ke sistem operasi.

Access

Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.

Accessibillity

Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.

Access Method

Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.

Access Time

Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil atau memasukkan data dari atau ke memori.

Accessories

Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program tambahan, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.

Accumulator

Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.

Acknowledge

Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement.

Accoustic Coupler

Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.


Active Task Button

Tombol perintah yang terletak pada taskbar yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi.

Active

Segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alat atau sistem yang sedang digunakan saat ini.

ActiveX

Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman Web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.


ADC (Analog/Digital Converter)

Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Add-in

1. Peralatan tambahan yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia.
2. Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah program aplikasi.

Address

Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.

Adobe PageMaker

Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.

Adobe Photoshop

Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)

Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.
ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

Advertiser

Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.

Affiliate Site

Halaman dimana iklan merchant dimasukkan. Kita bisa memasukkan iklan merchant ke sembarang halaman yang ada dalam website, dan letaknya boleh disembarang tempat.

AGP (Accelerated Graphics Port)

Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

AGPset

Sebuah chipset yang mendukung Accelerated Graphics Port.


Cukup segitu dulu sebenarnya masih banyak lagi Kamus TKJ yang diaali dari huruf A , mungkin dilain waktu akan saya posting lagi


Artikel Terkait:

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Article :

1 comment

Anonymous
June 12, 2014 at 10:18 PM

The cheapest Pharmacy On-line

My web page: euufjmpegkch.jimdo.com

Post a Comment

Jika ada yang mempunyai saran, kritik, maupun pertanyaan, jangan segan-segan untuk mengunkapkannya, ungkapkan saja dikotak komentar !
terimakasih :)

 
TEKOMUTER (Teknologi Ilmu Komputer) © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score