Membuat HTML dengan NOTEPAD



Setelah beberapa hari yang lalu saya memposting Materi tentang HTML  yang masih banyak kekurangan . karena saya sendiri juga masih belajar dalam dunia blogger. Nah pada malam hari ini saya akan menyampaikan tengtang Bagaimana membuat HTML dengan NOTEPAD . Bagi yang belum mengerti apa itu HTML silahkan lihat saja disini . Dalam membuat sebuah teks HTML haruslah teliti karena salah mengetik satu huruf atau kode itu bisa membuat Teks HTML kita tidak terlihat di Web Browser.

Untuk membuat sebuah HTML alat yang di butuhkan adalah :
  1. Teks Editor yaitu seperti Notepad , vi, emacs, dsb
  2. Web Browser seperti Internet Explorer, Opera, FireFox, dsb
Dengan menggunakan dua software itu saja sudah cukup untuk membuat HTML atau Website.Sesuai dengan judulnya diatas saya akan menggunakan NOTEPAD saja,karena saya sendiri juga masih belajar pake notepad.hehehe

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

NOTEPAD HTML


Buka software Notepad anda dengan cara klik Start > All Program > Accessories > lalu buka Notepad



NOTEPAD

Setelah itu tampilan Notepad akan muncul , Mulailah untuk mengetik Teks HTML yang ingin anda buat.Untuk contohnya kalian bisa menggunakan Teks HTML berikut ini :











<HTML>
<HEAD>
    <TITTLE>INI TEKS HTML PERTAMAKU</TITTLE>
</HTML>
</HEAD>
<BODY>
    SAYA SEDANG BELAJAR TEKS HTML!
</BODY>
</HTML>





Setelah selesai mengetik di notepad maka tampilannya akan seperti ini :




HTML NOTEPAD

 Langkah selanjutnya adalah simpan TEKS HTML tersebut dengan cara klik menu FILE > lalu pilih SAVE AS.beri nama dengan htmlpertamaku.htm lalu yang perlu diperhatikan adalah pilih Save as type dengan ALL FILE agar file tidak berubah menjadi htmlpertamaku.htm.txt.Lalu klik save untuk menyimpan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :


SAVE HTML

Langkah terakhir adalah dengan membuka hasil teks HTML yang sudah kita buat tadi dengan Browser Mozilla Firefox atau yang lainnya. pertama buka Mozilla > lalu pilih menu file > open file atau Ctrl+O > Cari file htmlpertamaku.htm di tempat anda menyimpannya > Double klik htmlpertamaku.htm maka akan muncul sesuai gambar berikut ini :


HASIL HTML

Selamat anda telah berhasil membuat HTML dengan Notepad.Mungkin cukup itu saja yang dapat saya bagikan bila ada kata yang salah mohon di maafkan . Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Article :

Post a Comment

Jika ada yang mempunyai saran, kritik, maupun pertanyaan, jangan segan-segan untuk mengunkapkannya, ungkapkan saja dikotak komentar !
terimakasih :)

 
TEKOMUTER (Teknologi Ilmu Komputer) © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score